Jumat, 11 Maret 2011

Macam _ Macam Penyakit Pada Lidah

Lidah merupakan alat pengecap makanan. Jika lidah ini tidak berfungsi, dengan sendirinya akan berpengaruh terhadap rasa makanan ataupun selera makan kita. Tidak berfungsinya lidah sebagaimana mestinya disebabkan adanya kelainan atau penyakit. Penyakit pada lidah itu bermacam-macam, seperti atropic glossitis, glossopyrosis, fissured tongue, dan sebagainya.

Lidah sebagai Pendeteksi Penyakit

Lidah dapat berfungsi sebagai komponen pendeteksi penyakit pada tubuh. Hal ini bisa dilihat dari warna lidah kita. Normalnya, lidah manusia berwarna merah muda. Namun, ada beberapa perubahan warna pada lidah yang dapat mengindikasikan adanya suatu gangguan tertentu.

* Lidah berwarna putih

Jika warna lidah berubah menjadi putih, biasanya ia menderita tifus. Warna putih pada lidah juga bisa menandakan gejala flu atau gangguan pencernaan. Jika lidah putih tipis-tipis, biasanya penderita mengalami kekurangan darah.

* Lidah berwarna kuning

Apabila lidah terlihat berwarna agak kekuningan, hal ini mengindikasikan adanya infeksi bakteri. Apabila warna kuningnya agak kehijauan, berarti terjadi infeksi bakteri akut. Warna kuning pada lidah juga bisa menandai bahwa kondisi panas tubuh yang berlebihan. Hal ini bisa terjadi karena sering merokok, mengonsumsi makanan pedas atau alkohol, dan bisa juga karena mengalami stres.

* Merah

Warna merah pada lidah mengindikasikan aktivitas panas pada tubuh. Apabila warna merah hanya di ujung lidah, menandakan adanya panas pada jantung. Bila warna merah terdapat di sisi kanan dan kiri lidah, berarti terjadi ganguan ginjal dan kandung empedu. Jika warna lidah merah keunguan, menandakan adanya panas dan statis darah.

* Biru

Warna biru pada lidah menandakan adanya statis darah atau dingin. Namun jika warna biru keunguan, berarti kondisi penderita lebih parah.

* Ungu

Warna ungu pada lidah, mengindikasikan aliran darah tidak lancar atau demam pada penderita. Apabila semua bagian lidah berwarna ungu, organ dalam penderita tinggi mengalami panas tinggi.

Macam-Macam Penyakit pada Lidah

1. Kanker lidah

Kanker lidah merupakan suatu neoplasma (pertumbuhan jaringan baru yang tidak normal) malignat yang muncul dari jaringan epitel mukosa lidah. Penyakit kanker lidah sering menjangkiti para perokok. Penyebab utama yang menimbulkan kanker lidah adalah tembakau dan alkohol. Namun, ada juga hal lain yang memicunya seperti jarang merawat kebersihan mulut, pemakaian gigi palsu yang tidak sesuai, serta radang kronis.

2. Sariawan

Sariawan atau oral candidosis terjadi karena adanya infeksi jamur candida albicans pada membran berlendir mulut. Sariawan ditandai dengan munculnya sejenis luka berupa kumpulan lapisan berwarna putih pada dinding mulut dalam disertai radang berwarna merah pada mukosa mulut. Jika tidak diobati, luka akan melebar dan membesar serta menimbulkan perih di mulut.

3. Geographic tongue

Geographic tongue merupakan peradangan pada lidah yang biasanya bersifat kronis dan terjadi jika ada gangguan pada saluran cerna. Dinamakan geographic tounge karena bercak pada lidah tampak seperti pulau-pulau. Bagian pulau itu berwarna merah dan lebih licin. Pada kondisi lebih yang lebih parah, daerah berbentuk pulau akan dikelilingi lapisan tebal berwarna putih. Penyakit lidah ini bisa terjadi akibat alergi.

4. Peradangan pada lidah (Atrophic glossitis)

Atrophic glossitis adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kondisi lidah yang kehilangan rasa karena degenerasi ujung papil (bagian menonjol pada selaput yang berlendir di bagian atas lidah).

Penderita yang mengalami penyakit ini, lidahnya akan tampak licin dan mengkilat, baik seluruh bagian lidah maupun hanya sebagian. Penyakit ini sering kali timbul akibat kekurangan zat besi. Oleh karena itu, penyakit ini banyak ditemukan pada penderita anemia.

5. Fissured tongue

Fissured tongue atau lidah retak-retak merupakan penyakit pada lidah yang membuat lidah tampak seperti terbelah atau retak-retak. Garis retakan yang muncul jumlahnya kadang hanya satu dan berada di tengah lidah. Namun bisa juga bercabang-cabang. Kondisi ini tidak terlalu membahayakan, tapi sewaktu-waktu dapat menimbulkan perih dan nyeri di lidah.

6. Lidah berselaput (Coated tongue)

Lidah berselaput merupakan kondisi klinis pada dorsum lidah tampak tertutup oleh suatu lapisan yang umumnya berwarna putih atau mengikuti warna dari jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi. Selaput lidah ini bisa terjadi pada orang yang mengalami penyakit kronis dan sistemik, dehidrasi, dan penyakit infeksi.

7. Glossopyrosis

Pada penderita glossopyrosis, lidah mereka akan terasa perih dan terbakar, namun tidak ditemukan gejala apa pun dalam pemeriksaannya. Penggunaan obat kumur dalam jangka yang sering, ditambah jika cairan obat kumur tersebut masih sangat pekat, bisa menimbulkan glossopyrosis pada lidah.

1 komentar:

  1. wah mkasih ats infony. Jadi tambah hati2x dlm menjaga kbersihan lidah

    BalasHapus